Minggu, 05 April 2009

kamasutra

KAMASUTRA

PENGERTIAN KAMASUTRA
Kamasutra berasal dari dua kata Sanskerta yaitu kama yang berarti cinta, kenikmatan, kepuasan seksual, sedangkan sutra berarti kitab atau ajaran. Jadi, kamasutra adalah kitab yang mengandung ajaran tentang cinta, kenikmatan, dan kepuasan seksual. Yang menjadi penulis buku ini adalah Vatsyayana.

KANDUNGAN KAMASUTRA
Kitab kamasutra terdiri dari sekitar 1250 syair yang dibagi menjadi 7 bagian dengan dilengkapi prakata, pendahuluan dan kesimpulan. Dimana bagian-bagian tersebut terdiri dari bab bab, yakni sejumblah 66 bab dan 64 paragraf.
Kamasutra ditulis dalam bentuk ringkasan ajaran agama Hindu dalam bentuk penjelesan atau pernyataan secara padat dan ringkas.
Kamasutra tidak hanya membicarakan masalah seksual saja, tetapi juga masalah-masalah lainnya seperti:
1. Masalah umum.. Pembahasan Dharma, Artha, dan Kama.
2. Masalah perempuan dan lelaki secara umum.
3. masalah sahabat
4. masalah cinta
5. Masalah persekutuan seksual antara lelaki dan perempuan
6. Masalah perlakuan pembangkit hasrat
7. Masalah hubungan seksual & hal2 yang berkaitan dengannya
8. penampilan dan kekuatan diri
9 Masalah pelacur.
Dalam kitab ini, dijelaskan bahwa seseorang akan mencapai kebahagiaan hidupnya jika ia melaksanakan Dharma, Artha, dan Kama secara seimbang, Vatsyayana menyebutkan," Seorang lelaki yang mempraktikan Dharma, Artha, dan Kama akan menikmati kebahagiaan, baik didunia ini maupun didunia yang akan datang.
Dharma mengandung arti sebuah kehidupan yang mentaati ajaran agama. Artha berarti kesejahteraan sosial yang menyangkut kegiatan ekonomi dan politik. Kama bermakna kehidupan panca indra: penglihatan, pendengaran, perasaan, perasa, dan penciuman yang dibantu oleh pikiran bersama dengan jiwa.

PENYIMPANGAN SEKSUAL DALAM KAMASUTRA
Vatsyayana tidak setuju hubungan seks dengan cara-cara kekerasan atau meninggalkan bekas luka bahkan hingga membunuh pasangannya seperti yang dilakukan raja Kuntalas bernama Satakarni Satavahana yang menusukkan kartari (semacam gunting) ke kepala istrinya ketika tengah bersenggama hingga menyebabkan tewasnya sang istri. Dalam dunia modern, perilaku ini disebut sadisme.
Vatsyayana mencatat adanya anal seks (hubungan seksual melalui dubur) yang biasanya dilakukan orang orang India Bagisa Selatan dan menyebutnya sebagai 'hubungan seks tingkat yang lebih rendah'.
Vatsyayana juga mengemukakan ketidak setujuannya pada Suvarnanabha yang membolehkan hubungan seksual dilakukan didalam air karena Vatsyayana berpendapat, hubungan seksual didalam air bertentangan dengan hukum Tuhan.
Di dalam Kamasutra disebutkan juga kegiatan seksual secara beramai ramai (orgyl), Vatsyayana menyebutkan, seorang lelaki yang harus melayani dua orang perempuan atau lebih , atau seorang lelaki yang perempuan yang melayani dua orang wanita atau lebih dalam persenggamaan adalah “hubungan seks yang disatukan” dan menyebut hubungan seks ini dengan “sekawanan sapi”.

6 komentar:

  1. kalau sering onani apakah itu bisa disebut kamasutra?itu gimana cara menghindarkannya??

    BalasHapus
  2. kamasutra itu kan sebuah buku, sedangkan masturbasi/onani adalah perbuatan. jadi tidak sama. onani bila sudah menjadi kebiasaan maka akan amat susah menghilangkan kebiasaan itu. tapi tidak ada yang tidak mungkin. hal yang paling penting adalah NIAT YANG KUAT UNTUK MENGHENTIKAN KEBIASAAN ONANI. langkah selanjutnya adalah hindari hal-hal yang dapat membuat nafsu seks anda muncul, misalkan hindari melihat gambar/film porno dsb, kemudian penuhi waktu luang anda dengan hal-hal yang baik. JANGAN BILANG GAGAL PADA USAHA INI. usaha ini akan berlangsung lama. yang paling penting JANGAN PUTUS ASA UNTUK BERUSAHA. GOOD LUCK!!!

    BalasHapus
  3. Apakah kebiasaan Onani pada anak dibawah 17 tahun akan mengganggu pertumbuhan tinggi badannya??

    BalasHapus
  4. onani yang terlalu sering bisa membuat tubuh jadi lemah, dan kurang sehat,,,,,air mani berarti sari-sari dari makanan yang kita cerna....terlalu sering melakukan onani dapat mengganggu pertumbuhan atau perkembangan anak,,,,,karena...tubuh akan cepat lemah..bahkan tulang-tulang akan terasa sakit....

    BalasHapus
  5. lantas bedakah pak kalau kebanyakan onani dan kebanyakan hubungan intim, padahal sama2 mengeluarkan sperma

    BalasHapus
  6. terima kasih atas informasinya gan. arti kamasutra luas.

    BalasHapus