Minggu, 18 Januari 2009

MERAWAT KEHAMILAN

MERAWAT KEHAMILAN
Melahirkan seorang bayi yang sehat dengan proses persalinan yang lancar adalah dambaan setiap wanita. Masa kehamilan sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan bayi, karena pada masa itulah zigot berkembang membentuk janin seutuhnya. Jika anda tidak merawatnya dengan baik, pertumbuhan dan perkembangan zigot akan terganggu hingga bisa berakibat kelainan genetika dan pada akhirnya janin mengalami cacat fisik ataupun cacat mental. Tentunya kita semua tidak menginginkan hal seperti itu.
Untuk itu saya memberikan beberapa tips dalam merawat kehamilan anda, yaitu:
1. sebelumnya, saya menganjurkan anda agar merencanakan kehamilan pada usia sekitar 20-35 tahun. Usia itu adalah masa usia yang paling baik untuk kehamilan. Jika wanita melahirkan di bawah usia 20 tahun dan di atas 35 tahun dapat membahayakan janin dan si ibu.
2. jika anda sudah merasa terlambat bulan, segeralah periksa ke dokter. Ini untuk mengetahui secara dini kondisi kandungan anda apakah sudah masuk masa kehamilan atau tidak. Karena terlambat datang bulan bisa mengindikasikan kehamilan atau bahkan karena gejala pathogen.
3. jika anda sudah dinyatakan positif hamil, sering-seringlah datang ke dokter untuk memeriksakan perkembangan janin. Agar jika ada kelainan, maka akan segera diketahui sehingga mudah untuk ditolong atau diobati.
4. jaga kondisi psikis anda. Hindari stress, selalu berfikiran positif. Jangan biarkan fikiran anda terganggu karena bisa berakibat buruk terhadap kehamilan anda. Stress yang berlebihan dan berkepanjangan bisa menyebabkan janin anda lemah dan lahir premature.
5. makanlah makanan yang bergizi dan secara teratur. Rasa mual dan muntah adalah hal yang normal terjadi pada kehamilan. Namun jangan biarkan perut anda kosong apalagi kekurangan gizi. Makanlah dalam porsi sedikit namun sering, sekitar 5-6 kali sehari. Perbanyaklah sayur-sayuran terutama yang mengandung zat besi dan buah-buahan. Kacang-kacangan dan sereal atau beras merah sangat baik juga untuk ibu hamil karena mengandung asam folat yang baik bagi perkembangan janin dan kurangi makanan yang berlemak. Makanan berpengaruh bagi perkembangan bayi, kekurangan gizi dapat mengakibatkan keguguran atau lahir premature.
6. minumlah yang banyak terutama air putih, bisa juga dengan meminum jus buah-buahan. Cairan yang masuk ke dalam tubuh kita membantu menambahkan volume darah dalam tubuh kita selama kehamilan. Anjuran meminum air adalah 8 gelas perhari. Untuk melihat apakah kita kekurangan cairan atau tidak bisa dilihat melalui air seni kita. Jika air seni atau urine kita berwarna bening atau cukup berwarna kekuning-kuningan, berarti kita telah cukup mengkonsumsi cairan.
7. hati-hati terhadap makanan kaleng dan obat-obatan. Bacalah pada kemasannya sebelum mengkonsumsinya dan alangkah baiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Makanan zaman sekarang banyak mengandung bahan berbahaya bagi tubuh kita. Makanan yang alami lebih diutamakan. Keracunan makanan dapat mengakibatkan janin lahir premature atau bahkan mengalami keguguran.
8. hindari polusi. Janganlah anda sering berada di terminal atau tempat yang mengandung banyak polusi karena polusi kendaraan dapat menyebabkan kelainan perkembangan janin. Hindari pula asap rokok, karena dapat mengakibatkan janin lemah, bayi akan mudah sakit bila sudah lahir, selain itu dengan banyak menghirup asap rokok dapat mengakibatkan janin lahir premature.
9. bersihkan vagina anda sesering mungkin karena pada masa kehamilan kuman-kuman mudah menempel pada vagina anda karena perubahan hormonal pada vagina.
10. jika anda ingin melakukan persetubuhan dengan suami anda pastikan anda tidak mempunyai riwayat atau pernah terjadi perdarahan vagina saat kehamilan. Persetubuhan tidak mengganggu kehamilan selama dilakukan dengan normal dan tidak ada riwayat terjadi perdarahan selama kehamilan terjadi.
11. istirahatlah yang cukup. Pada saat anda tidur atau beristirahat sebaiknya anda berbaring ke kiri. Posisi ini akan memberikan sirkulasi darah yang baik untuk janin.
12. tetaplah beraktifitas karena baik bagi kesehatan ibu dan janin. Olahraga yang baik bagi ibu hamil adalah berjalan. Tapi jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter.
Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat terutama bagi ibu-ibu yang sedang hamil….

3 komentar:

  1. Alhamdulillah jd nambah nih pngtahuan.Saya hamil 7mg,ga sengaja kthuan gara2 ada vlek yg sy pkir mens pdhal blm wktunya,pnsaran tespack eh positif.Saya prnah kgu2ran jd sy sgt hati2 utk hamil saat ini. Makasih infonya.

    BalasHapus
  2. bagaimana sekarang keadaan kandungannya?

    BalasHapus