Selasa, 10 Maret 2009

Gangguan menstruasi

GANGGUAN MENSTRUASI
Masalah-masalah gangguan menstruasi yang biasa terjadi adalah;
1. Amenorea (tidak menstruasi)
2. Kesakitan selama menstruasi atau kejang menstruasi (dismenorea)
3. Menstruasi dengan perdarahan yang terlalu banyak dan terlalu lama (menorhagia)
4. Siklus haid yang tidak teratur.

1. MENSTRUASI AMENOREA
Amenorea adalah keadaan dimana menstruasi berhenti pada masa menstruasi teratur.
Tidak datang bulan bisa dikatakan normal pada masa sebelum akil baligh, selama kehamilan dan menyusui, dan setelah menopause. Amenorea bisa disebabkan oleh penyakit pada indung telur (ovarium) atau uterus (rahim), gangguan produksi hormone, penyakit mental atau tekanan batin (misal anorexia nervosa), beberapa penyakit berat (misal penyakit ginjal kronik), obat-obatan—kadang-kadang setelah berhenti minum kontrasepsi oral, pengangkatan kandung rahim (hysterectomy) dan atau indung telur (ovarium).
Jika menstruasi Anda berhenti tanpa sebab yang jelas atau merasa curiga dengan keluhan itu, segeralah periksa ke dokter. Setiap gadis yang berusia 16 tahun yang belum pernah mendapatkan menstruasi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Dengan tidak menyampingkan sebab-sebab yang lain, amonerea yang paling sering adalah disebabkan oleh kehamilan.

2. MENSTRUASI DISMENOREA
Meskipun menstruasi yang disertai rasa sakit biasanya dihubungkan dengan peradangan panggul dan penyakit lain-lain, tetapi penyebab utama penyakit dismenorea yang biasanya mengenai gadis-gadis dan wanita muda adalah kejang dan konstraksi dari otot rahim (uterus).Gejala-gejalanya kadang disertai rasa mual, mual, muntah, atau pusing. Gejala itu semua akan terasa lebih baik setelah perdarahan menstruasi dimulai serta
kadang-kadang hilang setelah 1 sampai 2 hari.
Untuk sedikit meredakan rasa sakitnya, Anda bisa mandi air hangat atau istirahat berbaring dengan botol air panas atau kompres dengan air hangat.

3. MENSTRUASI KETEGANGAN SEBELUM MENSTRUASI
Keadaan ini tidak sama dengan menstruasi yang disertai kesakitan . Keadaan ini biasanya mengenai wanita berumur lebih dari 30 tahun dan biasanya terajadi 1 minggu sampai 10 hari sebelum masa menstruasi. Ketegangan sebelum menstruaasi biasanya akibat dari perubahan hormone yang terjadi selama siklus menstruasi. Pada sebagian besar kasus, cukup dengan penjelasan yang menjelaskan bahwa perubahan-perubahan tersebut adalah normal sudah cukup untuk mengurangi ketegangan. Gejalanya biasanya dihubungkan dengan rasa gelisah, mudah marah, depresi, dan gangguan emosi yang lain serta rasa sakit kepala.

4. MENSTRUASI MENORAGIA
Menoragia berarti perdarahan yang berlebihan dan terlalu lama pada menstruasi yang teratur. Yang menjadi penyebab umunya adalah tumor uterus (baik yang jinak atau yang ganas), benda asing dalam rahim seperti IUD/AKDR (alat kontrasepsi dalam rahim) yang tertunda dan menjadi penyebab infeksi, penyakit darah yang menyebabkan mudah terjadi perdarahan.
Hal pertama yang penting Anda lakukan adalah segera periksa ke dokter bila menstruasi dengan perdarahan yang banyak.

5.MENSTRUASI SIKLUS TIDAK LANCAR
Siklus datang bulan yang tidak teratur cukup banyak dialami oleh wanita-wanita pada siklus menstruasi yang pertama, setelah melahirkan atau menyusui, setelah berhenti minum pil kontrsepsi, saat-saat sebelum menopause.
Tetapi bila menstruasi selalu tidak teratur lebih dari 3 bulan, periksa ke Dokter untuk menyingkirkan kemungkinan-kemungkinan gangguan keseimbangan hormonal atau kelainan pada uterus (rahim).

2 komentar:

  1. kenapa ya klw lg M (menarch) qt para cwe jd pd mlz buat ngelakuin kegiatan,,,????
    ap ad hubungannya am hormon,,,,????





    by micky d'rainbow (^ _ ^)

    BalasHapus
  2. perubahan hormonal, bisa menyebabkan peningkatan libido atau bahkan malah mengurangi libido

    BalasHapus