Selasa, 10 Maret 2009

pacar selingkuh?

PACAR SELINGKUH?
Indahnya ketika orang yang Anda cintai menyatakan cintanya pada Anda kemudian menawarkan diri untuk menjadi pacar Anda. Saat itu Anda lupa dengan situasi sekitar, yang ada hanya rasa bahagia dan kata yang paling indah saat itu adalah “Ya”. Kemudian Kalian membuat janji untuk saling setia.
Sayangnya tidak sedikit dari kisah itu berakhir dengan menyakitkan. Banyak pasangan yang melanggar janji setia itu, beberapa terjadi karena hubungan gelap yang dilakukan oleh satu pasangannya. Kejadian itu tentunya sangat menyakitkan Anda, karena hubungan gelap itu telah menghancurkan impian, harapan, dan kepercayaan anda hancur. Ada perasaan terluka, penolakan, dan marah yang hebat. Hubungan gelap itu tidak selalu terjadi secara tiba-tiba, ada yang telah dilakukannya setelah sekian lama namun baru katahuan.
Ketika hubungan gelap itu pertama kali diketahui, kabar itu tentunya akan sangat mengejutkan anda, kemudian anda akan mengalami perubahan emosi yang berlebihan. Jika sudah banyak bukti yang menguatkan kebenaran tentang hubungan gelap itu maka anda memasuki tahap selanjutnya yang penuh emosi, yaitu marah, benci, rasa dikhianati, rasa bersalah, gelisah, rasa kehilangan yang tidak terganti, semuanya menyatu dalam hati. Kemudian timbul emosi baru; kecewa, rasa tidak percaya lagi, kesepian, rasa kasihan pada diri sendiri, dan dendam yang mendalam dengan keinginan untuk membalas dan enghukum pasangan anda.
HAL-HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN
Sangat disayangkan apabila anda malah ingin mengetahui semua rincian fakta mengenai hubungan gelap itu. Keinginan itu hanya akan menambah sakit perasaan, bukti hanya cukup sebatas bukti, kita tidak perlu mencari tahu lebih detail lagi seperti mencari tahu di mana mereka pacaran, berapa kali mereka pacaran, di mana mereka menonton film bersama, berapa kali ketemuan dalam seminggu. Semua hal itu akan terus membayangi anda dan akan terus menyakiti anda dan tentunya akan lebih sulit lagi untuk menyatukan kembali hubungan anda dengan pasangan anda selain itu jika anda kembali bersatu dengan pasangan anda, maka anda akan sering mengungkit masa lalu ketika pasangannya melakukan hubungan gelap, tentu anda tidak mau lagi ketempat-tempat bekas hubungan gelap pasangan anda; restaurant yang pernah mereka kunjungi, bioskop yang biasa mereka datangi, dan lain sebaginya. Rasa ingin tahu tentang fakta hubungan gelap itu didorong oleh keinginan untuk memperoleh lebih banyak bukti untuk menghukum dan mencaci pasangan anda.
Mengamuk dan mencaci pasangan hanya akan membuat jarak antara kalian malah semakin jauh dan tentunya itu tidak akan membantu malah akan memperburuk keadaan. Hal ini juga ditakutkan akan terjadi penentangan oleh pasangan anda dan pasangan selingkuhannya.
Jangan memberitahukan hubungan gelap itu pada setiap orang atau semua teman-teman anda. Bila anda ingin mencurahkan isi hati anda maka bicarakanlah dengan teman terdekat dan yang sangat anda percayai jangan lupa minta kepadanya untuk tidak menceritakannya pada orang lain.
Jangan meminta orang lain untuk menasihati pasangan anda, karena itu tidak akan berhasil. Selain tidak melibatkan orang lain dalam masalah anda, dia juga hanya akan merasa serius jika anda sendiri yang berbicara langsung.
Jangan meminta atau berusaha mendatangi selingkuhan pasangan anda apalagi untuk mencelanya, karena itu akan menambah anda semakin sakit hati, lebih-lebih apabila orang lain berpendapat bahwa ia lebih cantik dari anda.
Ketika anda telah melewati pelbagai macam perasaan yang tidak menyenangkan dan merasa sedikit lebih baik, maka mulailah untuk mengevaluasi diri sendiri, pasangan anda, juga hubungan anda. Pikirkanlah tentang bagaimana sikap anda pada pasangan anda selama ini, pikirkan juga bagaimana sikap dia pada anda selama ini, hal yang perlu diingat dalam hal ini adalah bahwa anda harus menilai diri sendiri dan pasangan anda secara objektif. Kemudian setelah itu barulah anda mempertimbangkan hubungan anda, apakah akan dilanjutkan dan memperbaiki kekurangan dalam hubungan anda ataukah anda akan mengakhiri hubungan. Keputusan ada di tangan anda sendiri, jangan memberikan keputusan itu pada orang lain.
Mungkin anda berpikir: “mungkinkah hubungan ini akan kembali terjalin setelah hubungan gelap itu?” mungkin saja jawabannya “ya”. Memang itu merupakan suatu yang amat berat, membangun kepercayaan kepada seseorang yang telah mengecewakan anda tentunya hal yang berat, akan tetapi Saya yakin anda bisa belajar mengampuni.

BEBERAPA GAGASAN UNTUK MEMBANGUN KEMBALI HUBUNGAN
Semenjak mengetahui bahwa pasangan anda melakukan hubungan gelap, tentunya perasaan anda akan dipenuhi oleh persaan-perasaan keras seperti marah, benci, dendam, dan lain sebaginya. Perasaan itu juga terkadang disertai perasaan lain yang lembut, seperti kesedihan, kasih, dan keharuan. Temukan perasaan lembut ini dalam diri anda, perasaan-perasaan ini akan membantu melewati masa krisis anda dan membantu untuk belajar mengampuni.
Usahakan untuk tidak bersikap bermusuhan, mengejek, atau mencela pada pasangan anda.
Jika pasangan anda tidak menjawab pertanyaan anda yang bersifat investigasi, jangan paksa dia. Pasangan Anda perlu merasa bahwa dia dapat mempercayai Anda juga.
Jangan menganggap bahwa anda tahu benar tentang perasaan dan pikiran pasangan Anda
Jangan menanyakan pada pasangan anda: “Mengapa kamu berbuat seperti itu?”. Pertanyaan itu terlalu sulit untuk dijawab, dan kalau anda terlalu memaksa, mungkin dia akan mengarang jawaban-jawabannya.
Tanyakan juga tentang perasaan dan pendapat pasangan anda tentang anda pribadi
Keterbukaan dan sikap tidak membela diri akan memberi teladan yang baik kepada pasangan anda.
Ajaklah untuk mendiskusikan perasaan-perasaan kalian secara baik dan terbuka, jangan memojokan dia atau membela diri.
Jika anda terlalu marah atau terlalu benci, hentikan pembicaraan dan lakukan lagi disaat perasaan dan pikiran anda tenang.
Jika anda sedang memikirkan perasaan anda yang terluka atau betapa telah dikhianatinya anda, maka tulislah bagaimana perasaan-perasaan menyakitkan itu membantu anda, pikirkanlah hal yang positif, atau tulis juga tentang kebaikan pasangan anda terhadap anda.
Ketika komunikasi membaik, tentunya anda akan menyadari tentang apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa terjadi ini mungkin akan menyakitkan tapi biarkanlah itu menjadi pelajaran yang istimewa bagi anda.
Rundingkanlah tentang hubungan kalian, apakah akan dilanjutkan dengan saling memperbaiki kekurangan dalam hubungan sebelumnya ataukah hubungan itu sudah tidak perlu lagi dilanjutkan. Bicarakanlah tentang apa yang perlu diperbaiki dalam hubungan anda, diskusikan apa yang kalian inginkan dalam hubungan kalian. Sikap saling terbuka adala kunci utama dalam tahap ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar