Minggu, 24 Mei 2009

JENIS SELAPUT DARA



Secara embriologi, organ reproduksi pria dan wanita sama. Namun pada perkembangan selanjutnya, organ reproduksi antara wanita dan pria mengalami perbedaan anatomi. Tidak hanya antara wanita dan pria saja, perbedaan bentuk alat kelamin pun terjadi pada sesama wanita, selaput dara misalkan.

Anggapan masyarakat umum, masih terdapat penilaian yang “menyesatkan” tentang selaput dara. Masyarakat umum masih beranggapan bahwa wanita yang pada malam pertama (persetubuhan pertama) tidak terdapat darah di alat kelaminnya, maka wanita itu dianggap tidak perawan lagi. Hal ini tentu merugikan kaum wanita. Orang yang mempunyai pemikiran seperti itu amat naïf sekali, karena sesungguhnya selaput dara wanita memiliki fleksibilitas yang berbeda, sehingga bisa saja robek saat melakukan aktivitas atau kecelakaan. Bahkan beberapa diantara wanita tidak memiliki selaput dara sejak ia dilahirkan.

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa wanita memiliki bentuk selaput dara yang berbeda. Berikut adalah penjelasan bahwa selaput dara itu memiliki bentuk yang tidak seragam. Dengan harapan agar masyarakat tidak memiliki lagi pemikiran “menyesatkan” seperti yang telah saya jelaskan di atas:

Annular:

Selaput dara seperti ini tidak memiliki selaput dara, biasaya ini masalah genetik. Perdarahan saat berhubungan seks pertama sekali kemungkinan besar tidak akan terjadi.

Septate:

Selaput dara seperti ini ditandai dengan beberapa lubang yang terbuka

Cibriform:

Selaput dara seperti ini juga ditandai beberapa lubang yang terbuka, tapi lebih kecil dan jumlahnya lebih banyak.

Introitus:

Selaput dara ini merupakan jaringan selaput dara “sisa” yang belum robek setelah pernah melakukan hubungan seks atau karena kecelakaan/peristiwa tertentu.

Impervorate:

Selaput dara jenis ini tidak memiliki lubang sama sekali. ini merupakan kelainan genetika dan wanita yang memili selaput dara ini akan kesulitan untuk mnstruasi. Darah akan tertahan di dalam vagina karena tertahan oleh selapt dara yang tidak memiliki lubang sama sekali dan kemungkinan akan berrakibat buruk, seperti timbulnya tumor.

Setelah seorang perempuan mengalami menstruasi yang pertama kali, lubang pada selaput dara dapat bertambah lebar. Namun, jika robek atau terkoyak karena senggama atau karena kejadian tertentu, selaput dara tidak dapat dikembalikan menjadi utuh seperti semula.
Dari kiri ke kanan : Annular, Septate, Cibriform, Introitus

sumber:

- http://www.deedaad.com/indonesia-news/3045-oo-ternyata-selaput-dara-bervariasi.html

- http://izzasyifa.wordpress.com/2007/02/05/macam-macam-bentuk-selaput-dara

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus